Masa Normal Baru, CU Mekar Kasih Gelar RAT secara Virtual

Diposting pada

Dampak pandemi Covid-19 yang masih terasa sampai awal tahun 2021 ini membuat pemerintah selaku regulator masih memberlakukan sejumlah kebijakan terkait pembatasan sosial di tengah masyarakat. Diharapkan kebijakan ini bisa menekan risiko transmisi virus Covid-19.

Oleh karena itu sejumlah organisasi dan perusahaan mengurangi kegiatan yang melibatkan pertemuan fisik secara kolektif. Kalaupun harus digelar, pertemuan-pertemuan tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tidak terkecuali untuk Koperasi CU Mekar Kasih.

Imbasnya, kegiatan RAT (Rapat Anggota Tahunan) Tahun Buku 2020 pun dilaksanakan secara virtual. Pada tahun-tahun sebelumnya, kegiatan RAT ini dilakukan secara tatap muka dengan mengumpulkan perwakilan anggota dari setiap kantor TP. Kali ini anggota perwakilan dari setiap TP mengikuti siaran langsung (live) kegiatan RAT pada lokasi yang sudah disiapkan panitia di TP masing-masing.

TP Baras mengambil lokasi di Hotel Trisakti Pasangkayu, TP Messawa di Hotel Al-Ikhlas Polewali, TP Tobadak di Wisma Fidelia Topoyo dan TP Sungguminasa di aula Paroki St. Simon Petrus Gembala Sungguminasa. Sedangkan anggota di TP Makassar bersama Kantor Pusat sebagai host kegiatan mengambil lokasi di Hotel Mercure Makassar.

Jumlah seluruh peserta RAT yang kali ini mengusung tema “Digitalisasi dan Pemberdayaan Anggota CU Mekar Kasih di Masa New Normal” berjumlah 154 orang.

Sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan, selain membatasi jumlah orang yang hadir, Pengurus juga mengatur durasi kegiatan RAT agar berjalan lebih singkat dari biasanya. Untuk keperluan tersebut, laporan RAT sudah dibagikan satu minggu sebelum kegiatan kepada peserta di semua TP untuk dicermati. Setelah itu peserta dapat langsung mengirimkan pertanyaan dan usul/saran melalui google form yang sudah disiapkan agar sebelum RAT diselenggarakan Pengurus dan Pengawas telah membuat jawaban serta tanggapan yang dibutuhkan. Dengan demikian pada saat RAT berlangsung, khususnya pada sesi pembahasan laporan, Pengurus dan Pengawas tinggal menampilkan jawaban atas pertanyaan dan usul/saran dari peserta.

Secara garis besar agenda pelaksanaan RAT yang digelar pada tanggal 13 Februari 2021 lalu sama seperti pelaksanaan RAT pada tahun-tahun sebelumnya. Yang membedakan hanyalah metode RAT disesuaikan dengan masa normal baru serta memanfaatkan perangkat teknologi untuk memudahkan siaran langsung (live) ke semua lokasi berkumpul peserta RAT di TP-TP. Dengan demikian sekalipun tidak menyelenggarakan pertemuan fisik seperti biasanya, kegiatan RAT tetap dapat berjalan dengan efektif sebagai forum pengambilan keputusan tertinggi Koperasi CU Mekar Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *