Kegiatan Member Gathering dan Lokakarya Pra-RAT TP Sungguminasa yang digelar pada tanggal 3 November 2024 berlokasi di Gedung De Bollo Sungguminasa menandai berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan Pra-RAT Tahun Buku 2024 CU Mekar Kasih pada lima kantor Tempat Pelayanan.
Kantor pertama yang menyelenggarakan kegiatan Pra-RAT adalah TP Makassar yang melaksanakan Pra-RAT pada tanggal 12 Oktober 2024 lalu di Aula Paroki St. Fransiskus Assisi Jl. Hertasning, Makassar. Kemudian disusul oleh kantor-kantor TP di Sulawesi Barat: TP Baras pada tanggal 25 Oktober 2024 di halaman belakang gedung kantor pelayanan, TP Tobadak pada tanggal 26 Oktober 2024 berlokasi di tanah milik kantor TP di Tobadak 2 dan TP Messawa pada tanggal yang sama, 26 Oktober 2024, di halaman gedung bandara Sumarorong.
Seperti kita ketahui bersama, kegiatan Pra-RAT adalah forum pertemuan anggota yang diselenggarakan sebelum akhir Tahun Buku di semua kantor TP CU Mekar Kasih. Pra-RAT menjadi momentum yang baik bagi anggota karena selain menjadi ajang silaturahmi, juga menjadi kesempatan untuk menyampaikan langsung usul dan saran untuk tata kelola maupun produk dan layanan CU Mekar Kasih karena Pra-RAT dihadiri juga oleh Pengurus dan Pengawas.
Oleh karena itu pada kegiatan Pra-RAT Pengurus juga menyampaikan kebijakan penting dan orientasi organisasi maupun gerakan CU Mekar Kasih yang biasanya dijadikan tema dan materi Pendidikan Penyegaran kepada anggota. Kemudian karena Rapat Anggota Tahunan (RAT) CU Mekar Kasih menggunakan sistem perwakilan, maka pada forum Pra-RAT ini disampaikan juga ketentuan mengenai utusan Pra-RAT dari setiap TP yang akan menghadiri RAT setelah penutupan Tahun Buku.
Tema Pra-RAT Tahun Buku 2024 adalah “Anggota Credit Union yang Berdaya dan Ramah Lingkungan”. Tema ini diangkat selaras dengan keprihatinan global mengenai perubahan iklim. Melalui tema tersebut, CU Mekar Kasih memberikan penyadaran kepada anggota agar semakin berperilaku ramah lingkungan dengan mengurangi jejak karbon demi masa depan bumi, rumah kita bersama.
Kegiatan Pra-RAT dimulai dengan doa pembukaan dan seremonial dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Koperasi, Hymne Credit Union, Mars CU Mekar Kasih, membacakan Misi, Visi serta Nilai-nilai Inti CU Mekar Kasih. Setelah itu dilangsungkan sambutan-sambutan dari panitia, pengurus dan tokoh pemerintahan/agama yang hadir sebagai tamu undangan.
Kemudian dilangsungkan Pendidikan Penyegaran oleh perwakilan Pengurus dengan materi yang sejalan dengan tema Pra-RAT. Tujuan dari materi Pendidkan Penyegaran adalah memberi penyadaran dan pemahaman kepada para peserta Pra-RAT mengenai fenomena pemanasan global yang terus memberi pengaruh pada kondisi bumi kita saat ini. Emisi karbon secara berlebihan yang dihasilkan aktivitas ekonomi manusia, menciptakan efek rumah kaca yang memicu pemanasan global.
CU Mekar Kasih peduli pada lingkungan dan fenomena tersebut karena gerakan Credit Union bukan hanya bertujuan meningkatkan kualitas kehidupan manusia dari perspektif ekonomi saja, tapi secara menyeluruh termasuk kualitas manusia dari perspektif ekologi. Hal ini juga sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) yang dicetuskan oleh PBB. Oleh karena itu CU Mekar Kasih mengajak segenap anggota ikut berpartisipasi pada aksi untuk iklim dengan berperilaku ramah lingkungan dan mengurangi jejak karbon sesuai dengan kapasitas masing-masing.
Kegiatan Pra-RAT juga menjadi momentum untuk memberikan penghargaan-penghargaan kepada aktivis dan anggota yang sudah berpartipasi mengembangan gerakan Credit Union serta aktif memanfaatkan produk dan pelayanan yang disediakan CU Mekar Kasih. Melalui pengurus yang hadir, CU Mekar Kasih menyerahkan suvenir kepada seluruh KERABAT dan memberi penghargaan kepada KERABAT dengan kinerja terbaik selama Tahun Buku 2024 ini.
Untuk anggota diberikan penghargaan kepada anggota yang aktif menabung di tabungan SIMAK (Simpanan Modal Kerja) dan aktif meminjam untuk tujuan produktif serta mengembalikan pinjaman secara TWTJ (Tepat Waktu Tepat Jumlah). Penghargaan ini mendorong anggota agar semakin aktif memanfaatkan produk dan layanan untuk tujuan-tujuan produktif.
Pada kegiatan Pra-RAT dilangsungkan juga pameran dan penjualan produk-produk usaha anggota untuk membantu anggota-anggota yang memiliki usaha produktif. Anggota pemilik usaha cukup antusias mengikuti pameran produk ini. Tapi karena tempat dan lokasi terbatas, panitia Pra-RAT di setiap kantor TP membuat pendaftaran terlebih dahulu dengan memberi tenggat waktu kepada anggota yang ingin mengisi stand pameran produk agar panitia dapat mengorganisir pameran dengan baik. Kemudian untuk mendorong partisipasi belanja dari peserta Pra-RAT, setiap bukti/nota belanja di stand produk anggota dapat ditukarkan dengan kupon undian doorprize. Penukaran kupon berlaku untuk setiap pembelian produk senilai Rp20.000 (berlaku kelipatan).
Jadi dengan semakin banyak melakukan belanja produk, peserta jadi memiliki lebih banyak kupon undian doorprize dan kesempatan untuk memenangkan hadiah. Jumlah omset produk anggota selama Pra-RAT (di 5 kantor TP) tidak kurang dari Rp40.082.000 dengan produk anggota yang dipasarkan berupa makanan minuman, produk pasca panen dan kerajinan tangan.
Berhubung Pra-RAT tahun ini adalah rangkaian Pra-RAT tahun pertama setelah kegiatan Perencanaan Strategis 2024-2028 dilangsungkan, Pengurus menggunakan kesempatan pertemuan dengan anggota ini untuk menyampaikan beberapa hasil Perencanaan Strategis yang penting untuk diketahui oleh anggota seperti rencana pengembangan Kantor Pelayanan Tahun 2024-2028, target anggota 2024-2028 dan konsep Pra-RAT tahun 2024-2028.
Kantor pelayanan yang dimiliki oleh CU Mekar Kasih pada akhir tahun buku 2028 nanti berjumlah 9 Kantor TP dengan penambahan 4 kantor TP baru sepanjang Tahun Buku 2024-2028 yaitu TP Sudiang (pemekaran TP Makassar), TP Sarudu (pemekaran TP Baras), TP Suppiran (pemekaran TP Messawa) dan TP Mamuju (pemekaran TP Tobadak). Kemudian jumlah anggota akhir tahun 2028 ditargetkan berjumlah 30.800 orang. Sedangkan untuk konsep Pra-RAT, akan dilaksanakan Pra-RAT dengan sistem perwakilan (yang dihadiri perwakilan anggota dari setiap Komunitas Teritori) yang dilakukan bergantian dengan konsep Pra-RAT yang mengundang seluruh anggota (seperti yang sudah dilakukan selama ini).
Pra-RAT kali ini juga digunakan oleh peserta untuk menyampaikan usul, saran dan pertanyaan dengan cara menyampaikan langsung pada sesi aspirasi juga dengan mengisi form survei kepuasan anggota yang disiapkan oleh panitia. Hasil-hasil usul, saran dan survei kepuasan nantinya akan digunakan pada saat business plan untuk membantu penyusunan program kerja CU Mekar Kasih pada tahun buku berikutnya demi peningkatan pelayanan kepada anggota sesuai dengan misi visi CU Mekar Kasih. Semoga Pra-RAT Tahun Buku 2024 memberi manfaat sebesar-besarnya bagi segenap anggota yang menyempatkan diri untuk hadir, bagi seluruh anggota dan bagi pengembangan gerakan CU Mekar Kasih.
Tinggalkan Balasan