Digitalisasi merupakan sebuah keharusan pada era teknologi. Saat ini digitalisasi sudah merambah semua sektor kehidupan: keuangan, pendidikan, sosial, kesehatan sampai ekonomi. Segala pekerjaan manusia diubah ke dalam platform digital untuk efisiensi, efektivitas serta memudahkan manusia terhubung satu sama lain. Pekerjaan-pekerjaan yang dahulu membutuhkan proses dan waktu yang panjang, saat ini semakin ringkas dan singkat.
CU Mekar Kasih dalam upaya mewujudkan misi dan visi meningkatkan kualitas hidup anggota melalui gerakan pemberdayaan, terus berinovasi. Kiat-kiat baru dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dibutuhkan untuk menemukan dan meningkatkan nilai dari potensi yang dimiliki anggota baik sebagai individu maupun sebagai komunitas.
Untuk itu, jejaring pemasaran digital dari produk yang dihasilkan anggota menjadi salah satu inovasi yang dibutuhkan.
Oleh karena itu CU Mekar Kasih bekerja sama dengan PT. ARO (yang merupakan vendor dari app mobile ESCETE yang saat ini digunakan anggota, serta core ESCETE) mengembangkan program marketplace yang diberi nama sMartCU.
Ada beberapa latar belakang pemilihan nama sMartCU. Mart sendiri berarti pasar atau kegiatan perdagangan sedangkan CU berarti Credit Union. Penggunaan istilah CU lebih universal karena nantinya sMartCU ini akan menjadi portal besar yang menjadi sarana display dan transaksi jual beli CU-CU yang tergabung di bawah koordinasi Puskopdit BKCU Kalimantan.
Kemudian dengan penambahan huruf “s” di depan kata “Mart” maka kata yang muncul adalah sMart. Selain berarti cerdas, sMart juga merupakan akronim dari Specific, Measurable, Achieveable, Realitic dan Time Bound yang merupakan istilah yang biasa digunakan dalam ilmu manajemen.
Selain merupakan pasar daring dalam lingkungan internal CU-CU primer, nantinya sMartCU juga dapat diakses oleh masyarakat luas (non anggota) karena dibangun menggunakan platform web. Proses jual beli akan dijembatani oleh bank mitra untuk menjamin kenyamanan dan keamanan transaksi antara pihak penjual dan pembeli.
Hal ini merupakan berita baik bagi anggota, khususnya yang memiliki produksi baik berupa kerajinan tangan, produk pertanian dan perkebunan, produk pasca panen, makanan olahan dan lain-lain. Kesempatan untuk meningkatkan omset dengan pemasaran daring yang dapat menjangkau lebih banyak masyarakat telah terbuka lebar.
Dengan demikian diharapkan anggota yang memiliki produk semakin giat meningkatkan kualitas produknya baik konten maupun kemasan. Bagi anggota yang tertarik, silakan mendaftarkan produk yang dimiliki ke kantor TP terdekat. Produk yang sudah siap dan layak akan diverifikasi sebelum ditayangkan ke sMartCU.
Telah Hadir sMartCU, Inovasi Marketplace untuk Credit Union
Tagged in :
Tinggalkan Balasan